Jumat, Juni 19, 2015

16 PC Aisyiyah Bersaing Racik Kudapan Berbasis Ikan




PURWOREJO- Sebanyak 16 tim yang berasal dari Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) se-Kabupaten Purworejo menyemarakkan Lomba Kudapan atau Jajanan Non Beras atau terigu berbahan dasar ikan yang digelar Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Purworejo, akhir pekan lalu yang diselenggarakan dalam rangka syiar Muktamar `Aisyiyah yang diselenggarakan di Makassar pada Agustus nanti. Dalam kegiatan yang dipusatkan di Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Plaosan Purworejo tersebut, PCA Gebang berhasil tampil menjadi juara pertama. Disusul juara dua tim PCA Banyuurip dan juara tiga tim PCA Purworejo.
 Perlombaan dilakukan dengan teknik yang cukup unik, yakni dengan mempersyaratkan peserta agar menyerahkan kalkulasi resep makanan dan kalkulasi harga maksimal Rp 100 ribu. Selanjutnya makanan yang tidak diperbolehkan menggunakan zat kimia atau bahan-bahan lain yang berbahaya bagi kesehatan.tersebut harus mempunyai nilai jual maksimal Rp 4 ribu per biji.
 Ketua PDA Kabupaten Purworejo, Chumairotun, mengungkapkan, perlombaan tersebut merupakan salah satu upaya PDA untuk menyosialisasikan pentingnya memperhatikan pola konsumsi keluarga. Pasalnya, dewasa ini ibu-ibu rumah tangga memilih cara instan untuk menyajikan hidangan bagi keluarganya. Padahal tidak sedikit dari makanan instan tersebut mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.
“Selain itu, lomba juga bertujuan untuk memepererat jalinan silaturrahim sekaligus mengisi kegiatan Rapat Koordinasi Aisyiyah Kabupaten Purworejo,” ungkapnya, kemarin.

 Dijelaskan, perlombaan yang diwakili oleh 2 orang dalam setiap tim tersebut menghasilkan jenis makanan yang cukup bervariasi. Di antaranya kroket singkong, pastel singkong, sentilen ikan, naget ayam lele, empek-empek kroket kentang isi gurami, nugget gembili ikan patin, Pati Gaplek lemper tiwul, dan bola-bola ikan. Untuk menyemarakkan lomba pihaknya menghadirkan tiga juri, yakni Ny Fauzi Baraba dari Darma Wanita Persada Kabupaten Purworejo, Hj Titik Dyah Nuraeni Yabidi dari PWRI Purworejo, dan Hj Subiharti Ruslan dari PDA Purworejo.
Lebih lanjut Chumairotun menjelasakan, dalam kesempatan Rakor tersebut dibahas sejumlah program yang akan dilaksanakan PDA Purworejo. Beberapa di antaranya yakni persiapan keberangkatan peserta pada Muktamar Aisyiyah di Makassar Agustus 2015 mendatang, pengajian di daerah pesisir, pengajian di daerah lokalisasi, dan pengajian rutin Ramadan setiap tanggal 1-25 Ramadhan yang dipusatkan di UMP.
“Selain itu masih banyak lagi pembahasan bersama seluruh peserta rakor yang diadakan 3 bulan sekali ini,” jelasnya. Top-Harian Purworejo
Foto. Sebanyak 16 tim yang berasal dari PC Aisyiyah bersaing dalam Lomba Kudapan berbasis ikan yang digelar PD Aisyiyah Aisyiyah Purworejo, akhir pekan

0 komentar:

Posting Komentar